Rangkuman laporan PBO


PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
I.              ELEMEN DASAR JAVA
a.       Dalam pembahasan ini berisi penjelasan disertai contoh mengenai pengenalan type data, veriabel, dan identitas array yang menjadi pemahaman dasar bagi mahasiswa sebelum mempelajari Pemrograman Berorienatasi Objek dengan membuat program java sederhana menggunakan elemen dasar tersebut.
b.      Java adalah salah satu bahasa pemograman yang menggunakan paradigma pemograman berorientasi obyek.Pemograman berorientasi obyek menjadikan object dan class sebagai konsep sentralnya. Jadi dalam pemograman java object dan class menjadi suatu yang paling utama. Java adalah salah satu bahasa pemograman yang tidak tergantung pada operating system (operating system independent), yang sekarang mulai popular dikalangan programmer.
c.       Progam dalam java dibagi- bagi menjadi class-class.Oleh karena itu program dalam java dimulai dengan kata kunci class atau public class.Lihat Contoh Berikut :
public class Hello {  
           public static void main(String argv[]){
           System.out.println("Hello java programmer UMSIDA");
           }
}

II.              OPERATOR, CONTROL, FLOW DAN STRING
a.       Dalam pembahsan ini akan dibahass mengenai pendeklarasian variable, baik instance variable, class variable, maupun local variable, serta membahas fungus dari masing – masing symbol operator dan control flow. Operator dan Control Flow adalah jantung dari program Control Flow mempunyai kemampuan untuk mengendalikan jalan dari program. Tanpa Operator dan Control Flow, program tidak akan mampu melakukan banyak hal. Ada beberapa jenis Operator dan Control Flow dalam Java, yaitu:
1.      Aritmatika Operator
Java mempunyai operator aritmatika seperti + (penjumlahan), - (pengurangan) ,*(perkalian) , / (pembagian) dan % (modulo). Operator – operator ini berlaku seperti dalam operasi aritmatika
2.      Logika Operator
Ada tiga logika Operator dalam java yaitu:
     &&      Logika /nd
     ||           LogikaOr
      |          LogikaNot

3.      Bit per bit Operator
Variabel bertipe long, int, short, byte dan char dapat mempunyai operator yang dioperasikan langsung kesusunan binernya (bit atau bit).

4.      Relasional
5.      Prioritas
6.      Pernyataan if
Pernyataan if adalah control flow yang paling sederhana Pernyataan ini mengevaluasi suatu ekspresi. Jika ekspresi benar (true) maka blok pernyataan akan dijalankan. Sebaliknya computer akan melompati blok pernyataan tersebut.
7.      Pernyataan if else
Pernyataan if-else mengevaluasi suatu ekspresi. Jika ekspresi benar (true) maka blok pernyataan dijalankan. Sebaliknya computer akan menjalankan blok pernyataan yang lain
8.      Perulangan
Pernyataan yang diulang – ulang.
9.      Penyataan switch case
Switch digunakan untuk percabangan (seleksi) lebih dari dua. Ini digunakan untuk menghindari pergunaan if-else yang berlapis-lapis.
Contoh
public class OprTest {
public static void main (String[] args ){
            byte b=0x8;
            byte c, d, e, f, g, h, i;
            c=(byte)~b;
            c &=0xf;
            d= (byte) (b | c);
            e= (byte) (c>>2);
            f= (byte) (e + 3);
            g= (byte) (c & f);
            h= c ;
            h ^=0x3;
            i= (byte) (h >>>1);
            i <<=2;
            System.out.println(" c = " + c) ;
            System.out.println(" d = " + d) ;
            System.out.println(" e = " + e) ;
            System.out.println(" f = " + f) ;
            System.out.println(" g = " + g) ;
            System.out.println(" h = " + h) ;
            System.out.println(" i = " + i) ;
}

III.              CLASS
a.       Dalam materi ini akan dibahas mengenai objek dan class, serta penggunaannya dalam sebuah program java sederhana.
b.      Class merupakan bagian pokok dari Pemrograman Berorientasi Obyek (Object Oriented Programming). Class merupakan cara merakit data-data dan menentukan semua metode yang diperlukan untuk mengakses, menggunakan dan mengubah data-data tersebut. Dalam java class juga bisa dianggap sebagai type dari object.
Setiap class memiliki dua hal utama. Yang pertama adalah yang kita sebut state/atribut/property. State dalam obyek tidak lain adalah nilai dari setiap variable. Bagian yang kedua adalah tool atau method yang menentukan utility yang dimiliki oleh class. Contohnya :
public class Kotak {
private int Panjang, Lebar, Tinggi;
public void setPanjang(int  pjg) {
            Panjang=pjg; }
public void setLebar(int  lbr) {
            Lebar=lbr; }
public void setTinggi(int  tg) {
            Tinggi=tg; }
public int getPanjang() {
            return Panjang; }
public int getLebar() {
            return Lebar; }
public int getTinggi() {
            return Tinggi; }
public int luas () {
            int hasil;
hasil=2*Panjang*Lebar+2*Panjang*Tinggi+2*Lebar*Tinggi;
            return hasil; }
public int volume () {
            int hasil;
            hasil=Panjang*Lebar*Tinggi;
            return hasil;
}
}         

IV.              THREADS
Property unik dari java adalah bahwa Java memberi suport adanya threads. Threads memperbolehkan kita melakukan banyak hal pada waktu yang bersamaan. Threads adalah komponen java yang memungkinkan kita untuk membuat program yang bersifat multitasking programming. Sebenarnya setiap program dalam java selalu menggunakan paling tidak satu thread. Kita bisa membuat aplikasi dan class berjalan dalam threads yang terpisah dengan dua cara, yaitu :
·         Mengembangkan dari class Thread (extending class Thread)
·         Mengimplementasikan Runnable interface
Contohnya :
public class TwoThreadTest{
     public static void main(String argv[]){
     SimpleThread t1,t2;
     t1=new SimpleThread("Surabaya");
     t2=new SimpleThread("Jakarta");
     t1.start();
     t2.start();
}
}

V.              EXCEPTION(EKSEPSI)
Eksepsi adalah mekanisme yang memungkinkan program untuk menangkap kondisi-kondisi tertentu yang membutuhkan penanganan khusus. Eksepsi dapat berupa kesalahan yang terjadi dalam program pada saat run time.
Contohnya :
public class Arg01 {
     public static void main(String argv[]) {
                 String str="??????";
                 try {
                             str = argv[0];
                             }
                             catch (ArrayIndexOutOfBoundsException e) {
                            
                             System.out.println("Argument Kosong");
                 }
                 System.out.println("Argumen="+str);
     }
}

VI.              JAVA GRAPHICAL USER INTERFACE
Graphical User Interface merupakan antar muka grafis yang memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan program aplikasi. Salah satu komponen dalam bahasa pemrograman java untuk membangun GUI adalah Swing. Komponen ini didefinisikan di dalam paket javax,swing. Swing diturunkan dari Abstract Windowing Toolkit dalam paket java.awt. Hirarki dari komponen Swing adalah :
Java.swing.Jcomponent => java.awt.Container => java.awt.Component => java.lang.Object. Object Jcomponent adalah superclass dari semua komponen Swing.
Contohnya :
import javax.swing.*;
     public class ContohFrame1 {
     public static void main (String [] args) {
                 JFrame a1;
                 a1 = new JFrame("contoh frame");
                 a1.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
                 a1.setSize(300,300);
                 a1.setVisible(true);
     }
}


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages