Maudina Fatika Ningsih UMSIDA

 

POKOK BAHASAN 1

SISTEM RESERVASI HOTEL BERBASIS WEB

 

1.1.  Judul

Sistem Reservasi Hotel Berbasis Web

 

1.2.  Latar Belakang

Hotel adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk keperluan menginap dan keperluan lainnya seperti acara pertemuan atau pernikahan. Reservasi adalah fungsi yang melaksanakan pelayanan pemberian informasi kamar, pemesanan tempat mengadakan suatu acara, dan penyedia sarana pendukung lainnya kepada masyarakat. Dan dalam proses Reservasi adanya beberapa kesulitan, sehingga prosesnya memakan waktu yang cukup lama, reservasi dilakukan dengan datang langsung ketempat, pengecekan data reservasi yang masuk yang susah dilakukan karena data ada dibuku reservasi yang ditulis secara manual, pengecekan data reservasi yang ada dihotel sulit diketahui sehingga pelanggan yang akan melakukan reservasi harus menunggu lama karena pengecekan data dilakukan secara manual serta pembuatan laporan yang cukup sulit dan lama.

Dengan adanya komputer sebagai media informasi maka sekarang ini segala pekerjaan yang biasanya sulit dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat melalui media komputer, oleh karena itu dalam dunia informatika segala proses pekerjaan akan diperhitungkan dan distrukturkan terlebih dahulu sebelum dituangkan kedalam sebuah software (perangkat lunak), sehingga menghasilkan hasil yang efektif dan mengakibatkan semua pekerjaan  menjadi lebih mudah.

 

1.3.  Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membuat Sistem Reservasi Hotel berbasis Web dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya.

 

1.4.  Tujuan

Tujuan pembuatan program adalah sebagai berikut :

1.      Untuk memudahkan tamu dalam prosesreservasi.

2.      Untuk memudahkan petugas dalam pencarian data reservasi.

3.      Untuk memudahkan petugas dalam pengecekan status kamar hotel yang kosong dan yang isi.

4.      Untuk memudahkan petugas dalam pembuatan laporan yang lengkap dan rinci secara cepat.

POKOK BAHASAN 2

FLOWCHART, DFD, ERD, UML

 

2.1.  Flowchart

2.1.1. Flowchart Admin


Gambar 2.1 Flowchart admin

 

Berikut adalah langkah penjelasan diagram alir bagian admin:

       Ø   Pertama, admin melakukan login.

       Ø   Kemudian memanage kamar dan mengecek, apa ada yang pesan hotel.

       Ø   Jika ada maka admin menvalidasi pemesanan.

       Ø   Kemudian admin akan menyiapkan kamar.

       Ø   Selesei

2.1.2. Flowchart Pengguna


Gambar 2.2 Flowchart User

 

Berikut adalah langkah penjelasan diagram alir dalam pengguna:

       Ø   Pertama, pelanggan masuk ke pesan kamar.

       Ø   Kemudian di pilih kamar yang mau ditempati.

       Ø   Pesan kamar .

       Ø   Isi identatidas data pemesan.

       Ø   Jika sudah divalidasi maka melakukan pembayaran jika tidak makan dibatalkan.

       Ø   Kemudian, pelanggan menunjukkan bukti pemesanan untuk dibuat pembayaran.

       Ø   Kamar hotel sudah bisa di tempati.

 

2.2.  Data Flow Diagram (DFD)

2.2.1. DFD Level 0

Penggambaran sistem DAD level-0 (Overview Diagram) merupakan penjabaran dari konteks diagram, hanya pada level ini sudah menjurus kepada suatu proses dan merupakan gabungan secara keseluruhan yang melibatkan semua kesatuan luar secara lengkap.


Gambar 2.3 DFD Level 0

 

Pada proses level-0 pengguna bisa mendapatkan informasi apa saja yang terdapat di dalam pemesanan hotel, setelah mendapatkan hotel yang cocok pengguna memesan hotel setelah itu pengguna datang ke hotel untuk membayar pemesanan tersebut. Sedangkan admin bisa mengelola data yang ada dalam sistem pemesanan hotel, dan juga mengkonfirmasi pembayaran pengguna.

 

2.2.2. DFD Level 1


Gambar 2.4 DFD Level 1

 

Berdasarkan diagram arus data di atas, proses Pemesanan Yang dilakukan pengguna. Dalam diagram tersebut dapat dijelaskan arus data penyimpanan data pengguna ke dalam berkas penyimpan. Berikut penjelasan secara lengkap:

§ Proses 1.1, Merupakan proses pemesanan yang dilakukan pengguna, kemudian meyerahkan bukti pemesanan kepada admin. Dan admin melakukan konfirmasi pemesanan setelah pemesan melakukan check in di hotel.

§ Proses 2.1, Merupakan proses pembayarn dimana pengguna datang ke hotel dan melakukan transaksi secara langsung dengan meyerahkan bukti pemesanan.

§ Proses 3.1, Merupakan proses pembatalan dimana pengguna membatalkan pemesanannya.

§ Proses 4.1, Merupakan laporan secara keseluruhan seperti laporan pemesanan, laporan seluruh data kamar, laporan pembatalan.

 

2.3.  Entity Reationship Diagram (ERD)

Diagram Hubungan Entitas atau Entity Relationship Diagram(ERD) merupakan model data berupa notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkanhubungan antara penyimpan. ERD merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi , biasanya oleh System Analys dalam tahap analisi persyaratan proyek pengembangan system. ERD bersama – sama dengan detail pendukung merupakan model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database.

Atau pengertian sempitnya adalah sebuah konsep yang mendekripsikan hubungan antara penyimpanan (database) dan didasarkan pada presepsi dari sebuah dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan objek yang disebut sebagai entity dan hubungan atau relasi antar objek – objek tersebut.


Gambar 2.5 ERD

Penjelasan tentang gambar ERD diatas yaitu terdapat entitas tipe, kamar dan tamu, kemudian gabungan dari dua entitas membuat entitas baru yaitu menginap yang artinya pemesanan kamar, di entitas tipe terdapat atribut kode_tipe dan nama_tipe sedangkan di entitas kamar terdapat atribut yaitu kode_kamar, nama_kamar, tipe, biaya, stok Kedua entitas tersebut mempunyai hubungan satu sama lain, artinya entitas kamar mempunyai  hubungan dengan tipe yang tipe tersebut data master. Sedangkan di entitas tamu terdapat atribut terdiri dari kode_tamu, nama_tamu, alamat, notelp, no_identitas, kota. Entitas tersebut mempunyai hubungan yang menghasilkan entitas baru yaitu menginap dengan atribut kode_inap, tanggal, lama_inap, total_biaya, checkin dan checkout.

 

2.4.  Unifed Modeling Language (UML)

2.4.1. Use Case

 

Gambar 2.6 Use Case

 

Dalam diagram diatas tamu bisa resrvasi yang terdiri dari checkin dan pembatalan, sedangkan pegawai yang menghendle reservasi dan juga report seperti data tamu, data kamar, dan data pembayaran. Admin juga menghendle chech out dan pemesanan hotel dari tamu sedangkan tamu hanya pesan dan check out.

2.4.2. Class Diagram

 


Gambar 2.7 Class Diagram

 

 

Dalam diagram diatas semua entitas memiliki atribut masing – masing dan memiliki method masing – masing. Setiap entitas mempunyai relasi masing – masing seperti entitas tipe yang berelasi dengan kamar yang mempunyai method tambah, edit, hapus, cek, begitupun dengan kamar yang berhubungan dengan tamu yang kemudian akan menghasilkan pemesanan kamar yang gabungan dari entitas kamar dan entitas tamu.

 

2.4.3. Sequence Diagram

2.4.3.2.                        Admin

 



Gambar 2.8 Sequence Diagram Admin

 

Dalam diagram ini dijelaskan tentang proses pemesanan dan admin konfirmasi pemesanan pengguna, login yangkemudian akan validasi ke database kemudian akan dikembalikan jika sudah benar. Jika ada pemesanan akan dicek identitas pemesanan kemudian ditampilkan dan admin akan mengecek kamar tersebut jika ada akan konfirmasi kemudian ditotal dan kamar bisa dipakai.

 

2.4.3.2.                        User



Gambar 2.9 Sequence Diagram User

 

Dalam diagram diatas merupakan proses pemesanan kamar dari pengguna, awalnya login yang kemudian akan dicek olek sistem, jika ingin pesan kamar maka pengguna melilih kamar jika ada yang sesuai maka akan ditampilkan oleh sistem kemudian akan dikonfirmasi daln melakukan pembayaran.

 

POKOK BAHASAN 3

USER INTERFACE

 

3.1.  Login



Gambar 3.1 Rancangan Login

 

3.2.  Form Kamar



Gambar 3.2 Rancangan Form Data Kamar

 

3.3.  Data Kamar



Gambar 3.3 Tampilan Data Kamar

3.4.  Halaman Utama User


Gambar 3.4 Halaman Utama User

 

3.5.  Form Pemesanan





Gambar 3.5 Form Pemesanan


===================================

UMSIDA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

====================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages