POKOK BAHASAN 1
SISTEM RESERVASI HOTEL BERBASIS WEB
1.1.
Judul
Sistem
Reservasi Hotel Berbasis Web
1.2.
Latar Belakang
Hotel adalah suatu tempat yang
dipergunakan untuk keperluan menginap dan keperluan lainnya seperti acara
pertemuan atau pernikahan. Reservasi adalah fungsi yang melaksanakan pelayanan
pemberian informasi kamar, pemesanan tempat mengadakan suatu acara, dan penyedia
sarana pendukung lainnya kepada masyarakat. Dan dalam proses Reservasi adanya
beberapa kesulitan, sehingga prosesnya memakan waktu yang cukup lama, reservasi
dilakukan dengan datang langsung ketempat, pengecekan data reservasi yang masuk
yang susah dilakukan karena data ada dibuku reservasi yang ditulis secara
manual, pengecekan data reservasi yang ada dihotel sulit diketahui sehingga
pelanggan yang akan melakukan reservasi harus menunggu lama karena pengecekan
data dilakukan secara manual serta pembuatan laporan yang cukup sulit dan lama.
Dengan adanya komputer sebagai media
informasi maka sekarang ini segala pekerjaan yang biasanya sulit dilakukan secara
manual, kini bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat
melalui media komputer, oleh karena itu
dalam dunia informatika segala proses
pekerjaan akan diperhitungkan dan
distrukturkan terlebih dahulu
sebelum dituangkan kedalam sebuah
software (perangkat lunak), sehingga
menghasilkan hasil yang efektif dan
mengakibatkan semua pekerjaan
menjadi lebih mudah.
1.3.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas
dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membuat Sistem Reservasi
Hotel berbasis Web dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya.
1.4.
Tujuan
Tujuan pembuatan program adalah sebagai berikut :
1.
Untuk memudahkan tamu dalam
prosesreservasi.
2. Untuk
memudahkan petugas dalam pencarian data reservasi.
3.
Untuk memudahkan petugas dalam pengecekan
status kamar hotel yang kosong
dan yang isi.
4. Untuk
memudahkan petugas dalam pembuatan laporan yang
lengkap dan rinci secara cepat.
POKOK BAHASAN 2
FLOWCHART, DFD, ERD, UML
2.1.
Flowchart
2.1.1.
Flowchart Admin
Gambar 2.1 Flowchart admin
Berikut adalah langkah penjelasan diagram alir bagian
admin:
Ø Pertama,
admin melakukan
login.
Ø Kemudian
memanage kamar
dan mengecek, apa ada yang pesan hotel.
Ø Jika
ada maka admin
menvalidasi pemesanan.
Ø Kemudian
admin akan menyiapkan
kamar.
Ø Selesei
2.1.2.
Flowchart Pengguna
Gambar 2.2 Flowchart User
Berikut adalah langkah penjelasan diagram alir dalam
pengguna:
Ø Pertama,
pelanggan masuk
ke pesan kamar.
Ø Kemudian
di pilih kamar
yang mau ditempati.
Ø Pesan kamar .
Ø Isi
identatidas data pemesan.
Ø Jika sudah divalidasi maka
melakukan pembayaran jika tidak makan dibatalkan.
Ø Kemudian,
pelanggan menunjukkan bukti pemesanan untuk dibuat pembayaran.
Ø Kamar
hotel sudah bisa di tempati.
2.2.
Data Flow Diagram (DFD)
2.2.1.
DFD Level 0
Penggambaran
sistem DAD level-0 (Overview Diagram) merupakan
penjabaran dari konteks diagram, hanya pada level ini sudah menjurus kepada
suatu proses dan merupakan gabungan secara keseluruhan yang melibatkan semua
kesatuan luar secara lengkap.
Gambar 2.3 DFD Level 0
Pada
proses level-0 pengguna bisa mendapatkan informasi apa saja yang
terdapat di dalam pemesanan hotel, setelah mendapatkan hotel yang cocok
pengguna memesan hotel setelah itu pengguna datang ke hotel untuk membayar pemesanan
tersebut. Sedangkan admin bisa mengelola data yang ada dalam sistem pemesanan
hotel, dan juga mengkonfirmasi pembayaran pengguna.
2.2.2.
DFD Level 1
Gambar 2.4 DFD Level 1
Berdasarkan
diagram arus data di atas, proses Pemesanan Yang dilakukan
pengguna. Dalam
diagram tersebut dapat dijelaskan arus data penyimpanan data pengguna ke dalam
berkas penyimpan. Berikut penjelasan secara lengkap:
§ Proses 1.1, Merupakan proses pemesanan yang dilakukan pengguna, kemudian meyerahkan bukti pemesanan
kepada admin. Dan admin melakukan konfirmasi pemesanan setelah pemesan
melakukan check in di hotel.
§ Proses 2.1, Merupakan proses pembayarn dimana pengguna datang ke hotel
dan melakukan transaksi secara langsung dengan meyerahkan bukti pemesanan.
§ Proses 3.1, Merupakan
proses pembatalan dimana pengguna membatalkan pemesanannya.
§ Proses 4.1, Merupakan
laporan secara keseluruhan seperti laporan pemesanan, laporan seluruh data
kamar, laporan pembatalan.
2.3.
Entity Reationship Diagram
(ERD)
Diagram Hubungan Entitas atau Entity
Relationship Diagram(ERD) merupakan model data berupa notasi grafis dalam
pemodelan data konseptual yang menggambarkanhubungan antara penyimpan. ERD
merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu
organisasi , biasanya oleh System Analys dalam tahap analisi persyaratan proyek
pengembangan system. ERD bersama – sama dengan detail pendukung merupakan model
data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database.
Atau pengertian sempitnya adalah
sebuah konsep yang mendekripsikan hubungan antara penyimpanan (database) dan
didasarkan pada presepsi dari sebuah dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan
objek yang disebut sebagai entity dan hubungan atau relasi antar objek – objek
tersebut.
Gambar 2.5 ERD
Penjelasan tentang gambar ERD diatas yaitu terdapat
entitas tipe, kamar
dan tamu,
kemudian gabungan dari dua entitas membuat entitas baru yaitu menginap yang
artinya pemesanan kamar, di entitas tipe terdapat atribut kode_tipe dan
nama_tipe sedangkan di entitas kamar terdapat atribut yaitu
kode_kamar, nama_kamar, tipe, biaya, stok Kedua
entitas tersebut mempunyai hubungan satu sama lain, artinya entitas kamar mempunyai hubungan dengan tipe yang tipe tersebut data master. Sedangkan di
entitas tamu terdapat atribut terdiri dari kode_tamu, nama_tamu, alamat,
notelp, no_identitas, kota. Entitas tersebut mempunyai hubungan yang menghasilkan entitas
baru yaitu menginap dengan atribut kode_inap, tanggal, lama_inap, total_biaya,
checkin dan checkout.
2.4.
Unifed Modeling Language
(UML)
2.4.1.
Use Case
Gambar 2.6 Use Case
Dalam
diagram diatas tamu bisa resrvasi yang terdiri dari checkin dan pembatalan,
sedangkan pegawai yang menghendle reservasi dan juga report seperti data tamu,
data kamar, dan data pembayaran. Admin juga menghendle chech out dan pemesanan
hotel dari tamu sedangkan tamu hanya pesan dan check out.
2.4.2.
Class Diagram
Gambar 2.7 Class Diagram
Dalam
diagram diatas semua entitas memiliki atribut masing – masing dan memiliki
method masing – masing. Setiap entitas mempunyai relasi masing – masing seperti
entitas tipe yang berelasi dengan kamar yang mempunyai method tambah, edit,
hapus, cek, begitupun dengan kamar yang berhubungan dengan tamu yang kemudian
akan menghasilkan pemesanan kamar yang gabungan dari entitas kamar dan entitas
tamu.
2.4.3.
Sequence Diagram
2.4.3.2.
Admin
Gambar 2.8 Sequence Diagram Admin
Dalam
diagram ini dijelaskan tentang proses pemesanan dan admin konfirmasi pemesanan
pengguna, login yangkemudian akan validasi ke database kemudian akan
dikembalikan jika sudah benar. Jika ada pemesanan akan dicek identitas
pemesanan kemudian ditampilkan dan admin akan mengecek kamar tersebut jika ada
akan konfirmasi kemudian ditotal dan kamar bisa dipakai.
2.4.3.2.
User
Gambar 2.9 Sequence Diagram User
Dalam diagram diatas
merupakan proses pemesanan kamar dari pengguna, awalnya login yang kemudian
akan dicek olek sistem, jika ingin pesan kamar maka pengguna melilih kamar jika
ada yang sesuai maka akan ditampilkan oleh sistem kemudian akan dikonfirmasi
daln melakukan pembayaran.
POKOK BAHASAN 3
USER INTERFACE
3.1.
Login
Gambar 3.1 Rancangan Login
3.2.
Form Kamar
Gambar 3.2 Rancangan Form Data Kamar
3.3.
Data Kamar
Gambar 3.3 Tampilan Data Kamar
3.4.
Halaman Utama User
Gambar 3.4 Halaman Utama User
3.5.
Form Pemesanan
Gambar 3.5 Form Pemesanan
===================================
====================================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar